RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SD Negeri Pepe
Kelas/
Semester : I/ 1 (Satu)
Tema/Subtema : Diriku/ Aku dan Teman Baru
Alokasi
Waktu : 1 x
Pertemuan (5 x 35 Menit)
A.
Kompetensi Inti
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba
(mendengar, melihat, membaca) serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara
kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, daan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa
Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah
keberagaman bahasa daerah.
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan
manusai dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar.
2.1
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat
benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
2.2
Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks
deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud, dan sifat benda, serta
peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.1 Mengamati dan
menirukan teks deskriptif tentang angggota tubuh dan pancaindra, wujud, dan
sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian.
Indikator
3.1.1 Menebalkan angka 1-5 sesuai dengan benda
3.1.2
Menghitung jumlah masing-masing panca indra yang terdapat pada wajah.
4.1.1 Melakukan gerak lagu “Dua Mata Saya” dengan arahan
guru.
Matematika
Kompetensi Dasar
1.1 Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Menunjukkan
perilaku teliti dan peduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas
berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan
kelompok terkecil sampai besar.
3.4 Menunjukkan pemahaman tentang
besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20
4.1 Mengurai
sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil dua penjumlahan atau pengurangan
dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban.
Indikator
3.4.1 Mengidentifikasi besaran bilangan
dengan menghitung maju.
3.4.2 Mengidentifikasi besaran bilangan
dengan menghitung mundur.
4.1.1 Mengurutkan bilangan dengan urutan
maju 1-5.
4.1.2 Mengurutkan bilangan dengan urutan
mundur 5-1.
4.1.3 Menyebutkan bilangan berpasangan
dengan jumlah 5.
PJOK
Kompetensi Dasar
3.1Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota
tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak,
hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional.
4.1Mempraktikan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota
tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
Indikator
3.1.1
Mengidentifikasi gerakan lokomotor dalam permainan ular naga dengan arahan
guru.
4.1.1 Melakukan gerak lokomotor sesuai dengan arahan guru.
4.1.2 Melakukan gerakan lokomotor berlari berpasangan.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan
mendengar arahan dari guru, siswa dapat mempraktikkan gerakan lari dengan
benar.
2. Dengan
memperhatikan contoh dari guru, siswa dapat mempraktikkan lari berpasangan
dengan berpegangan tangan dengan benar.
3. Dengan
permainan kartu angka, siswa dapat mengurutkan bilangan 1-5 dengan benar.
4. Dengan
arahan dari guru, siswa dapat menyebutkan bilangan berpasangan berjumlah 5
dengan benar.
5. Dengan
menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”, siswa dapat menghitung jumlah
masing-masing panca indra yang terdapat pada wajah dengan benar.
6. Dengan arahan guru, siswa dapat melakukan
gerak lagu “Dua Mata Saya” dengan benar.
7. Dengan
arahan guru, siswa dapat mengidentifikasi gerakan lokomotor dalam permainan
ular naga dengan benar.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Berlari Berpasangan dengan Teman (Buku Siswa
halaman 21)
2.
Bermain sambil Mengurutkan Bilangan (Buku
Siswa halaman 22)
3.
Menebalkan angka (Buku Siswa halaman 23)
4.
Mengurutkan bilangan (Buku Siswa halaman 24)
E.
Metode dan
Pendekatan Pembelajaran
Metode :
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Praktik.
Pendekatan :
Saintfik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen,
mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan).
F.
Media, Alat, dan
Sumber Pelajaran
Media & Alat Pembelajaran : Lagu “Dua Mata Saya”,
gambar lokomotif kereta api,
gambar anak-anak bermain Ular Naga, 5 set kalung
angka dari karton bertuliskan nomor 1-5.
Sumber Belajar : Buku Siswa
G.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran.
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru membuka
pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
2. Guru mengajak
siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin berdoa.
3. Guru melakukan
apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran
inti.
4. Guru memberi
motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
5. Siswa
mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan
apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang
sederhana dan dapat dipahami.
6. Guru melakukan
kegiatan penyegaran untuk membuat siswa bersemangat dengan mengajak siswa
bernyanyi lagu “Dua Mata Saya”.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa berbaris dengan rapi sesuai dengan urutan
tinggi badan. (mengamati dan mencoba)
2. Siswa diminta melakukan pemanasan sebelum melakukan
kegiatan olahraga. (mencoba)
3. Siswa diminta berlari berkeliling lapangan. (mencoba)
4. Siswa mencari pasangan yang telah ditentukan oleh
guru sebelumnya. (mencoba)
5. Siswa diminta untuk saling berpegangan tangan. (mencoba)
6. Siswa diminta berlari mengelilingi lapangan sambil
berpegangan tangan. (mencoba)
7. Setiap pasangan tidak boleh menyenggol pasangan
lainnya. (mencoba)
8. Siswa menceritakan pengalaman siswa saat mengikuti
kegiatan. (mengkomunikasikan)
9. Siswa di dalam kelas menghitung
jumlah masing-masing panca indra yang terdapat pada wajah. (mengamati dan mencoba)
10. Siswa melakukan
gerak lagu “Dua Mata Saya”. (mengamati
dan mencoba)
11. Siswa melakukan kegiatan permainan mengurutkan
bilangan di luar kelas. (mencoba)
12. Siswa berhitung maju dari 1-5, dan menghitung
mundur dari 5-1. (mencoba)
13. Siswa membentuk kelompok sejumlah 5 orang. (mencoba)
14. Guru membagikan kalung angka yang sudah dibuat.
15. Setiap kelompok mendapat 1 set kalung bernomor
bilangan 1–5.
16. Masing-masing siswa mendapat satu kalung lalu
memakainya. Kalung angka diberikan secara acak kepada setiap anggota
kelompok.
17. Siswa berbaris berurutan di kelompoknya setelah ada
aba-aba dari guru. (mengamati dan
mencoba)
18. Guru memberi aba-aba agar setiap kelompok
bersiap-siap.
19. Ulangi kegiatan yang sama, tetapi sebelumnya
bertukar kalung dengan nomor lainnya dan mereka diminta berbaris dengan
urutan mundur. (mengamati dan mencoba)
20. Siswa
secara berpasangan menunjukkan bilangan berjumlah 5 dengan benar. (mengamati,mencoba dan menalar)
21. Siswa
mengidentifikasi gerakan lokomotor dalam permainan ular naga. (mengamati,mencoba dan menalar)
22. Siswa kembali ke kelas dan diminta untuk
mengerjakan latihan menebalkan angka dan mengurutkan bilangan pada halaman
buku siswa. (menalar)
23. Siswa
dapat menceritakan gerakan lokomotor yang telah dilakukan. (mengkomunikasikan)
|
145 menit
|
Penutup
|
Dengan arahan guru, siswa melakukan
refleksi dari kegiatan yang sudah dilakukan. Guru memberikan tugas rumah
kepada siswa. Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran dan
meminta salah seorang siswa memimpin doa.
|
15 menit
|
H.
PENILAIAN
1.
Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap :
Percaya Diri, Disiplin, Bekerja sama.
b. Unjuk Kerja :
Gerakan Berlari Berpasangan dan menyanyikan lagu
“Dua
Mata Saya”.
c. Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis.
2.
Bentuk Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Sikap
Lembar
Pengamatan
Minggu ke- .... bulan ... 2014
No
|
Nama
|
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerja Sama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SB
|
BT
|
MT
|
MB
|
SB
|
BT
|
MT
|
MB
|
SB
|
||
1
|
Adera
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Beni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
BT :
Belum Terlihat : 1
MT : Mulai Terlihat : 2
MB : Mulai Berkembang : 3
SM : Sudah membudaya : 4
Berilah
tanda centang (v) pada kolom yang sesuai!
Skor
akhir :
b.
Penilaian
Pengetahuan
Matematika
Ayo Berlatih!
1.
Bilangan
yang paling kecil adalah ... .
2.
Bilangan yang paling besar adalah ... .
3.
Urutan bilangan dari yang terkecil adalah ... , ... , ...
, ... , ... .
4.
Urutan bilangan dari yang terbesar adalah ... , ... , ...
, ... , ... .
5.
+ =
Bilangan yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas
adalah ... .
·
Pedoman Penskoran
Setiap nomor memiliki skor 2, skor maksimal 10.
Nilai =
Bahasa Indonesia
Ayo Berlatih!
1.
Jumlah jari tanganmu ada ... .
2.
Jumlah telingamu ada ... .
3.
Jumlah jari tanganmu adalah ... .
4.
Bagian tubuhmu yang berjumlah dua adalah ... .
5.
Bagian wajahmu yang berjumlah satu adalah ... .
·
Pedoman Penskoran
Setiap nomor memiliki skor 2, skor maksimal 10.
Nilai =
c.
Penilaian Keterampilan
1.
Penilaian Gerakan Berlari Berpasangan
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Semangat dan kekompakan
|
Secara mandiri, pasangan terlihat saling memberikan
semangat
|
Dengan arahan guru, pasangan terlihat saling memberikan
semangat
|
Dengan arahan guru, hanya 1 orang dari pasangan yang
terlihat memberikan semangat
|
Pasangan terlihat saling menolak untuk melakukan
aktivitas
|
2
|
Ketaatan pada aturan main
|
Pasangan mampu berlari pada lintasan tanpa menyenggol
pasangan lain
|
Pasangan mampu berlari pada lintasan, tetapi 1 kali
menyenggol pasangan lain
|
Pasangan mampu berlari pada lintasan, tetapi 2 kali
menyenggol pasangan lain
|
Pasangan mampu berlari pada lintasan, tetapi 3 kali
menyenggol pasangan lain
|
·
Petunjuk penskoran
skor maksimal adalah 8.
Nilai =
2.
Penilaian Unjuk Kerja Bernyanyi
Bentuk soal:
Nyanyikan lagu “Dua Mata Saya” dan tunjukkan
bagian-bagian tubuh yang dinyanyikan.
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan Bernyanyi
|
Memenuhi tiga aspek (hafal syair, nada tepat, dan
ekspresif)
|
Memenuhi dua dari tiga aspek
|
Memenuhi satu dari tiga aspek
|
Belum mampu memnuhi semua aspek
|
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
2
|
Kemampuan menunjukkan bagian tubuh
|
Siswa dapat menunjukkan semua bagian-bagian tubuh pada
lagu dengan lengkap dan benar.
|
Siswa dapat menunjukkan 3 atau lebih bagian tubuh pada
lagu dengan lengkap dan benar.
|
Siswa hanya dapat menunjukkan 2 atau kurang bagian
tubuh.
|
Siswa belum dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh pada
lagu.
|
·
Petunjuk penskoran
skor maksimal adalah 8.
Nilai =
Purworejo,
.................................. 2014
Kepala
Sekolah Guru Kelas I
........................ .......................
NIP NIP
Refleksi:
No
|
Hal-Hal yang perlu menjadi perhatian
|
|
|
No
|
Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
|
|
|
No
|
Hal-Hal yang menjadi catatan keberhasilan
|
|
|
No
|
Hal-Hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
|
|
|
Remedial:
Memberikan remedial bagi siswa
yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan:
Memberikan kegiatan pengayaan
bagi siswa yang melebihi target pencapaian
kompetensi.
0 komentar:
Posting Komentar