Rabu, 01 Oktober 2014

Contoh RPP Kurikulum 2013 Kelas I SD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                                Satuan Pendidikan     : SD Negeri Pepe
                                                Kelas/ Semester         : I/ 1 (Satu)
                                                Tema/Subtema          : Diriku/ Aku dan Teman Baru
                                                Alokasi Waktu                        : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)

A.     Kompetensi Inti
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.     Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba (mendengar, melihat, membaca) serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, daan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusai dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
2.2 Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang angggota tubuh dan pancaindra, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.


Indikator
3.1.1 Menebalkan angka 1-5 sesuai dengan benda
       3.1.2 Menghitung jumlah masing-masing panca indra yang terdapat pada wajah.
4.1.1 Melakukan gerak lagu “Dua Mata Saya” dengan arahan guru.

Matematika
Kompetensi Dasar
1.1  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Menunjukkan perilaku teliti dan peduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai besar.
3.4 Menunjukkan   pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20
4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil dua penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban.

Indikator
3.4.1 Mengidentifikasi besaran bilangan dengan menghitung maju.
3.4.2 Mengidentifikasi besaran bilangan dengan menghitung mundur.
4.1.1 Mengurutkan bilangan dengan urutan maju 1-5.
4.1.2 Mengurutkan bilangan dengan urutan mundur 5-1.
4.1.3 Menyebutkan bilangan berpasangan dengan jumlah 5.



PJOK
Kompetensi Dasar
3.1Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang  digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1Mempraktikan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

Indikator
3.1.1 Mengidentifikasi gerakan lokomotor dalam permainan ular naga dengan arahan guru.
4.1.1 Melakukan gerak lokomotor sesuai dengan arahan guru.
4.1.2 Melakukan gerakan lokomotor berlari berpasangan.

C.     Tujuan Pembelajaran
1.     Dengan mendengar arahan dari guru, siswa dapat mempraktikkan gerakan lari dengan benar.
2.     Dengan memperhatikan contoh dari guru, siswa dapat mempraktikkan lari berpasangan dengan berpegangan tangan dengan benar.
3.     Dengan permainan kartu angka, siswa dapat mengurutkan bilangan 1-5 dengan benar.
4.     Dengan arahan dari guru, siswa dapat menyebutkan bilangan berpasangan berjumlah 5 dengan benar.
5.      Dengan menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”, siswa dapat menghitung jumlah masing-masing panca indra yang terdapat pada wajah dengan benar.
6.     Dengan arahan guru, siswa dapat melakukan gerak lagu “Dua Mata Saya” dengan benar.
7.     Dengan arahan guru, siswa dapat mengidentifikasi gerakan lokomotor dalam permainan ular naga dengan benar. 

D.    Materi Pembelajaran
1.     Berlari Berpasangan dengan Teman (Buku Siswa halaman 21)
2.     Bermain sambil Mengurutkan Bilangan (Buku Siswa halaman 22)
3.     Menebalkan angka (Buku Siswa halaman 23)
4.     Mengurutkan bilangan (Buku Siswa halaman 24)

E.     Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Metode                 : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Praktik.
Pendekatan          : Saintfik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan).

F.      Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Media & Alat Pembelajaran      : Lagu “Dua Mata Saya”, gambar lokomotif kereta api,
                                                        gambar anak-anak bermain Ular Naga, 5 set kalung
                                                        angka dari karton  bertuliskan nomor 1-5.
Sumber Belajar                           : Buku Siswa

G.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran.
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
2.    Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin berdoa.
3.    Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
4.    Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.    Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
6.    Guru melakukan kegiatan penyegaran untuk membuat siswa bersemangat dengan mengajak siswa bernyanyi lagu “Dua Mata Saya”.

15 menit
Kegiatan Inti
1.     Siswa berbaris dengan rapi sesuai dengan urutan tinggi badan. (mengamati dan mencoba)
2.     Siswa diminta melakukan pemanasan sebelum melakukan kegiatan olahraga. (mencoba)
3.     Siswa diminta berlari berkeliling lapangan. (mencoba)
4.     Siswa mencari pasangan yang telah ditentukan oleh guru sebelumnya. (mencoba)
5.     Siswa diminta untuk saling berpegangan tangan. (mencoba)
6.     Siswa diminta berlari mengelilingi lapangan sambil berpegangan tangan. (mencoba)
7.     Setiap pasangan tidak boleh menyenggol pasangan lainnya. (mencoba)
8.     Siswa menceritakan pengalaman siswa saat mengikuti kegiatan. (mengkomunikasikan)
9.     Siswa di dalam kelas menghitung jumlah masing-masing panca indra yang terdapat pada wajah. (mengamati dan mencoba)
10.  Siswa melakukan gerak lagu “Dua Mata Saya”. (mengamati dan mencoba)
11.  Siswa melakukan kegiatan permainan mengurutkan bilangan di luar kelas. (mencoba)
12.  Siswa berhitung maju dari 1-5, dan menghitung mundur dari 5-1. (mencoba)
13.  Siswa membentuk kelompok sejumlah 5 orang. (mencoba)
14.  Guru membagikan kalung angka yang sudah dibuat.
15.  Setiap kelompok mendapat 1 set kalung bernomor bilangan 1–5.


16.  Masing-masing siswa mendapat satu kalung lalu memakainya. Kalung angka diberikan secara acak kepada setiap anggota kelompok.
17.  Siswa berbaris berurutan di kelompoknya setelah ada aba-aba dari guru. (mengamati dan mencoba)
18.  Guru memberi aba-aba agar setiap kelompok bersiap-siap.
19.  Ulangi kegiatan yang sama, tetapi sebelumnya bertukar kalung dengan nomor lainnya dan mereka diminta berbaris dengan urutan mundur. (mengamati dan mencoba)
20.  Siswa secara berpasangan menunjukkan bilangan berjumlah 5 dengan benar. (mengamati,mencoba dan menalar)
21.  Siswa mengidentifikasi gerakan lokomotor dalam permainan ular naga. (mengamati,mencoba dan menalar)
22.  Siswa kembali ke kelas dan diminta untuk mengerjakan latihan menebalkan angka dan mengurutkan bilangan pada halaman buku siswa. (menalar)
23.  Siswa dapat menceritakan gerakan lokomotor yang telah dilakukan.  (mengkomunikasikan)
145 menit
Penutup
Dengan arahan guru, siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang sudah dilakukan. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa. Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran dan meminta salah seorang siswa memimpin doa.
15 menit

H.    PENILAIAN
1.     Teknik Penilaian
a.     Penilaian Sikap                 : Percaya Diri, Disiplin, Bekerja sama.

b.   Unjuk Kerja                      : Gerakan Berlari Berpasangan dan menyanyikan lagu
                                         “Dua Mata Saya”.
c.    Penilaian Pengetahuan   : Tes Tertulis.

2.     Bentuk Instrumen Penilaian
a.     Penilaian Sikap
Lembar Pengamatan
Minggu ke- .... bulan ... 2014
No
Nama
Percaya Diri
Disiplin
Bekerja Sama
BT
MT
MB
SB
BT
MT
MB
SB
BT
MT
MB
SB
1
Adera












2
Beni












dst













Keterangan :
BT             : Belum Terlihat         : 1
MT            : Mulai Terlihat          : 2
MB           : Mulai Berkembang   : 3
SM            : Sudah membudaya  : 4
Berilah tanda centang (v) pada kolom yang sesuai!


          Skor akhir :












b.     Penilaian Pengetahuan
Matematika
 


      Ayo Berlatih!
1.      
 



Bilangan yang paling kecil adalah ... .
 
2.      




Bilangan yang paling besar adalah ... .

3.      


Urutan bilangan dari yang terkecil adalah ... , ... , ... , ... , ... .
4.      
 

Urutan bilangan dari yang terbesar adalah ... , ... , ... , ... , ... .
5.     Oval: 3Oval: ...Oval: 1         
               +             =   

Bilangan yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah ... .

·       Pedoman Penskoran
Setiap nomor memiliki skor 2, skor maksimal 10.
 


                Nilai =

        Bahasa Indonesia
                   Ayo Berlatih!
1.     Jumlah jari tanganmu ada ... .
2.     Jumlah telingamu ada ... .
3.     Jumlah jari tanganmu adalah ... .
4.     Bagian tubuhmu yang berjumlah dua adalah ... .
5.     Bagian wajahmu yang berjumlah satu adalah ... .

·       Pedoman Penskoran
Setiap nomor memiliki skor 2, skor maksimal 10.
 


                Nilai =


c.      Penilaian Keterampilan
1.     Penilaian Gerakan Berlari Berpasangan
No
Kriteria
Baik Sekali

Baik

Cukup

Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Semangat dan kekompakan
Secara mandiri, pasangan terlihat saling memberikan semangat
Dengan arahan guru, pasangan terlihat saling memberikan semangat
Dengan arahan guru, hanya 1 orang dari pasangan yang terlihat memberikan semangat
Pasangan terlihat saling menolak untuk melakukan aktivitas
2
Ketaatan pada aturan main
Pasangan mampu berlari pada lintasan tanpa menyenggol pasangan lain
Pasangan mampu berlari pada lintasan, tetapi 1 kali menyenggol pasangan lain
Pasangan mampu berlari pada lintasan, tetapi 2 kali menyenggol pasangan lain
Pasangan mampu berlari pada lintasan, tetapi 3 kali menyenggol pasangan lain

·       Petunjuk penskoran
skor maksimal adalah 8.
 


      Nilai =


2.     Penilaian Unjuk Kerja Bernyanyi
Bentuk soal:
Nyanyikan lagu “Dua Mata Saya” dan tunjukkan bagian-bagian tubuh yang dinyanyikan.
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan Bernyanyi
Memenuhi tiga aspek (hafal syair, nada tepat, dan ekspresif)




Memenuhi dua dari tiga aspek
Memenuhi satu dari tiga aspek
Belum mampu memnuhi semua aspek
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
2
Kemampuan menunjukkan bagian tubuh
Siswa dapat menunjukkan semua bagian-bagian tubuh pada lagu dengan lengkap dan benar.
Siswa dapat menunjukkan 3 atau lebih bagian tubuh pada lagu dengan lengkap dan benar.
Siswa hanya dapat menunjukkan 2 atau kurang bagian tubuh.
Siswa belum dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh pada lagu.

·       Petunjuk penskoran
skor maksimal adalah 8.
 


      Nilai =



                                                                           Purworejo,  .................................. 2014
                   Kepala Sekolah                                                       Guru Kelas I
                          


                   ........................                                                        .......................
                   NIP                                                              NIP




















Refleksi:
No
Hal-Hal yang perlu menjadi perhatian









No
Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus









No
Hal-Hal yang menjadi catatan keberhasilan









No
Hal-Hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan










Remedial:
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan:
Memberikan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian

kompetensi. 

0 komentar:

Posting Komentar